RPP MATEMATIKA KELAS 5 SD


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
o        Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o        Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal serta campuran

C.      Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan  (Hlm. 2)
o        Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o        Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh soal hlm. 5
o        Menugaskan mengerjakan latihan 5 Hlm. 6
o        Menjelaskan contoh soal hlm. 6
o        Menugaskan mengerjakan latihan 6 Hlm. 7
o        Menjelaskan contoh Hlm. 7
o        Menjelaskan contoh Hlm. 8



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 5 dan 6 
mengerjakan tugas dari guru

100
3.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 7 Hlm. 8
o        Menugaskan mengerjakan latihan 8 Hlm  9


Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.


 Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan desimal
o        Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut

C.      Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan  (Hlm. 2)
o        Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o        Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh soal hlm. 19
o        Menugaskan mengerjakan latihan 9 Hlm.10
o        Menjelaskan contoh soal hlm. 10
o        Menugaskan mengerjakan latihan 10 Hlm.11
o        Menjelaskan contoh soal hlm. 11
o        Menugaskan mengerjakan latihan 11 Hlm.12
o        Menjelaskan contoh soal hlm. 12



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 5 dan 6 
mengerjakan tugas dari guru


100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o        Menugaskan mengerjakan latihan 12 Hlm.12



Mendengarkan motivasi guru

Mengerjakan pekerjaan rumah

10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.







Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan kempat / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o        Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
o        Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut

C.      Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan  (Hlm. 2)
o        Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o        Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh soal hlm. 13
o        Menugaskan mengerjakan latihan 13 Hlm.14
o        Menjelaskan contoh soal hlm. 14
o        Menugaskan mengerjakan latihan 14 Hlm.15
o        Menjelaskan contoh soal hlm. 15
o        Menugaskan mengerjakan latihan 15 Hlm.16
o        Menjelaskan contoh soal hlm. 16
o        Menjelaskan contoh soal hlm. 17



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 13 s.d 17

mengerjakan tugas dari guru



100

3.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 16 Hlm.16
o        Menugaskan mengerjakan latihan 17 Hlm.17



Mendengarkan motivasi guru
Mengerjakan pekerjaan rumah

10

Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.


 

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Kelima dan keenam / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama
o        Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal

C.      Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan  (Hlm. 2)
o        Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o        Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh soal Hlm. 17 yaitu menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut
o        Menugaskan mengerjakan latihan 17, Hlm. 17
o        Menjelaskan contoh soal Hlm. 17 yaitu menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut
o        Menugaskan mengerjakan latihan 18, Hlm. 18
o        Menjelaskan contoh soal Hlm. 19





o        Menugaskan mengerjakan latihan 19, Hlm. 19
o        Menjelaskan contoh soal Hlm. 20



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 17 s.d 20

mengerjakan tugas dari guru



100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o        Menugaskan mengerjakan latihan 20, Hlm. 20



Mendengarkan motivasi guru

Mengerjakan pekerjaan rumah



10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,         
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.


 
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Kettujuh dan kedelapan / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari

C.      Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan  (Hlm. 2)
o        Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o        Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh soal yang berkaitan dengan masalah sehari-hari Hlm. 21

o        Menugaskan mengerjakan latihan 21 Hlm 22 dan latihan 22 Hlm. 23

o        Mengerjakan latihan pengayaan Hlm. 24



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 17 s.d 20

mengerjakan tugas dari guru



100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o        Menugaskan mengerjakan latihan 22 Hlm. 23



Mendengarkan motivasi guru

Mengerjakan pekerjaan rumah



10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.3   Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya

C.      Materi Essensial
Operasi Perkalian dan pembagian
o        Perkalian Pecahan (Hlm. 26)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi perkalian
-    pecahan biasa dengan pecahan biasa
-    pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
-    pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-    pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-    perkalian pecahan campuran dengan persen
o        Menjelaskan penurunan rumus
o        Menugaskan :
-    Latihan 1 Hlm. 27
-    Latihan 2 Hlm. 28
-    Latihan 3 Hlm. 28
-    Latihan 4 Hlm. 29
-    Latihan 5 Hlm. 30
-    Latihan 6 Hlm. 31
-    Latihan 7 Hlm. 32


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 s.d 9





Mencatat dan memahami penurunan rumus



mengerjakan tugas dari guru



100

3.       Penutup
o        Memotivasi untuk mengerjakan soal
o        latihan 8 Hlm. 33 dan latihan 9 Hlm. 34


Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



HENNY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : ketiga dan keempat / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.3   Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya

C.      Materi Essensial
Operasi Perkalian dan pembagian
o        Pembagian pecahan (Hlm. 34)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi pembagian  yaitu pengurangan berulang sampai habis pada :
-    pecahan biasa dengan pecahan biasa
-    pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
-    pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-    pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-    perkalian pecahan campuran dengan persen

o        Menugaskan :
-    Latihan 10 Hlm. 35
-    Latihan 11 Hlm. 36
-    Latihan 12 Hlm. 37
-    Latihan 13 Hlm. 38
-    Latihan 14 Hlm. 38
-    Latihan 15 Hlm. 39
o       

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 10 s.d 17








mengerjakan tugas dari guru




100

3.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan Latihan 16 Hlm. 40 dan Latihan 17 Hlm. 41


Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



HENNY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Kelima dan keenam / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.3   Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
o        Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan

C.      Materi Essensial
Operasi Perkalian dan pembagian
Menyelesaikan soal cerita yang mengandung opersi hitung berbagai bentuk pecahan (Hlm. 46)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan latihan pengayaan Hlm. 42
o        Menjelaskan contoh Hlm. 43, 44 dan 45

o        Menugaskan :
-    Latihan 18 Hlm. 35

o        Menjelaskan cara menjawab contoh Hlm. 46



o        Menugaskan mengerjakan:
-    latihan 20 Hlm. 46
-    latihan 21 Hlm. 46
-    latihan pengayaan Hlm. 49
-     

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan tugas dari guru


Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 dan 2 

mengerjakan tugas dari guru

100

3.       Penutup
o        Menugaskan Latihan 19 Hlm. 36 latihan 22 Hlm. 50


Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENNY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.4   Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala

B.      Indikator
o        Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o        Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala

C.      Materi Essensial
Pecahan dan perbandingan
o        Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (Hlm. 51)
o        Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala (Hlm. 54)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan langkah pengerjaan soal hlm. 51




Ada 3 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis
Ada 2 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis
o        Menjelaskan dan menugaskan latihan 1 Hlm. 51 dan latihan pengayaan Hlm. 53

o        Menjelaskan perbandingan pada suhu
Reamur (°R) : Celcius (°C) : Fahrenheit (°F) = 4 : 5 (+ 32°):

o        Menugaskan mengerjakan latihan 2, 3, hlm 55
o        Menjelaskan soal cerita mengenai perbandingan dan skala
Skala = jarak pada peta : jarak benda
o        Menugaskan mengerjakan latihan 4 Hlm. 56,


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan






Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 dan latihan pengayaan 

Mencatat cara mencari faktor prima


mengerjakan tugas dari guru

100

3.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 5 Hlm. 57, dan latihan 6 Hlm. 58



Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.4   Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala

B.      Indikator
o        Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o        Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala

C.      Materi Essensial
Pecahan dan perbandingan
o        Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (Hlm. 51)
o        Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala (Hlm. 54)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan untuk menjawab Uji kompetensi Bab 4 Hlm. 61



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan dan mengerjakan tugas dari guru

100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti


Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.1   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar

B.      Indikator
o        Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segitiga dan persegi panjang
o        Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang
o        Mengidentifikasi sifat-sifat bangun trapesium dan jajargenjang
o        Menggambar bangun trapesium dan jajargenjang

C.      Materi Essensial
Bangun Datar dan Bangun ruang
o        Bangun datar (Hlm. 64)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B
o        penggaris

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Memberikan pertanyaan berapa jumlah sisi sebuah segitiga ?


Mencatat indikator

Siswa diharapkan menjawab 3 buah sisi

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan sifat-sifat segitiga dan menyebutkan macam segitiga :
-    segitiga sama sisi
-    segitiga sama kaki
-       segitiga siku-siku
-       segitiga sembarang
o        Menjelaskan cara mengambar segitiga
o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 hlm. 65 dan latihan 2 Hlm. 67

o        Menjelaskan sifat-sifat dan cara menggambar persegi panjang
o        Menugaskan mengerjakan latihan 3 hlm. 68

o        Menjelaskan sifat-sifat dan cara menggambar trapesium dan jajaran genjang



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan



mengerjakan tugas dari guru

100

3.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 4 hlm. 68 dan latihan 5 Hlm. 71


Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.1   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar

B.      Indikator
o        Mengidentifikasi sifat-sifat lingkaran
o        Menggambar lingkaran dengan jangka
o        Mengidentifikasi sifat-sifat belah ketupat
o        Menggambar belah ketupat

C.      Materi Essensial
Bangun Datar dan Bangun ruang
o        Bangun datar (Hlm. 64)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B
o        Pensil, jangka dan penggaris, penghapus

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa membuat lingkaran hanya dengan menggunakan pensil


Mencatat indikator

Memebuat lingkaran

10
2.       Kegiatan Inti
o        Memberikan pertanyaan apakah lingkaran yang kamu buat berbentuk linghkaran yang sempurna ?
o        Menugaskan benda-benda apa saja yang berbentuk lingkaran
o        Menjelaskan sifat-sifat dan cara menggambar lingkaran
o         
o        Menugaskan tugas Hlm. 73

o        Menjelaskan sifat-sifat dan cara menggambar belah ketupat dan layang-layang

o        Menugaskan mengerjakan latihan 6 Hlm. 74


Siswa menjawab pertanyaan guru berdasarkan apa yang telah digambar
Mengerjakan tugas guru




Mengerjakan tugas Hlm. 73

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mengerjakan tugas guru


100

3.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan kegitan Hlm. 75



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Bangun Datar dan Bangun Ruang
Pertemuan / waktu         : Pertama dan ketiga / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.2   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang

B.      Indikator
o        Mengidentifikasi sifat-sifat bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut
o        Menggambar bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut

C.      Materi Essensial
Bangun Ruang (Hlm. 75)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B
o        Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Memberikan pertanyaan berapa jumlah rusuk sebuah prisma tegak segiempat



Mencatat indikator

Siswa diharapkan menjawab 12 buah rusuk

15

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan sifat-sifat dan cara mengambar  Bangun Ruang ;
-    Tabung
-    Prisma tegak segiempat
-    Limas segiempat
-    Limas segitiga
-    Kerucut


o        Menugaskan mengerjakan latihan 7 hlm. 77, latihan 8 Hlm. 78 dan latihan 9 Hlm. 79




Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




mengerjakan tugas dari guru latihan 7 hlm. 77, latihan 8 Hlm. 78 dan latihan 9 Hlm. 79


150

3.       Penutup
o        latihan 10 hlm. 80, latihan 11 Hlm. 81 dan latihan 12 Hlm. 83
o        Tugas Hlm . 82



Mengerjakan pekerjaan rumah


15


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Bangun Datar dan Bangun Ruang
Pertemuan / waktu         : Pertama dan ketiga / 6 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.3   Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana

B.      Indikator
o        Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana

C.      Materi Essensial
Bangun Ruang (Hlm. 75)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B
o        Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa untuk mengunmpulkan pekerjaan rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

15

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana

o        Menjelaskan bahwa jaring-jaring bagun ruang sederhana bisa dibuat lebih dari satu

o        Menugaskan untuk mengerjakan tugas Hlm. 85



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




mengerjakan tugas dari guru

150

3.       Penutup
o        Menugaskan untuk mengerjakan latihan 13 hlm. 86



Mengerjakan pekerjaan rumah


15



Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu         : Pertama dan ketiga / 6 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.4   Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri

B.      Indikator
o        Menunjukkan sifat-sifat kesebangun antarbangun
o        Menunjukkan dan menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar

C.      Materi Essensial
Kesebanguan dan Simetri pada bangun Datar
o        Menunjukkan kesebangun antarbangun datar (Hlm. 88)
o        Menentukan simetri lipat dan simetri putar (Hlm. 91)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



15

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan simetri lipat dan cara mencari simetri lipat
o        Menjelaskan contoh soal Hlm. 92
o        Menugaskan mengerjakan latihan 2 Hlm. 92
o        Menjelaskan simetri putar dan cara mencari simetri lipat
o        Menugaskan untuk menyebutkan bangun yang memiliki simetri lipat dan putar



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 dan 2 


150

3.       Penutup
o        Mengerjakan latihan 3 Hlm. 95


Mengerjakan pekerjaan rumah


15


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana

B.      Indikator
o        Menghitung masalah yang berkaitan dengan bnagun datar dan bangun ruang sederhana

C.      Materi Essensial
Sifat-Sifat Bangun
Uji kompetensi bab 5 Hlm. 97

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



5
2.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan menjawab soal yang erkaitan dengan bangun datar dan ruang sederhana

o        Menugaskan Untuk mengerjakn uji kompetensi bab 5. Hlm. 96


mengerjakan tugas dari guru


mengerjakn uji kompetensi Bab 5

50

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal dan mengulang klembali materi yang sudah dipelajari



Mendengarkan motivasi yang diberikan guru



5



Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
















Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu         : kedua / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana

B.      Indikator
o        Menghitung masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana

C.      Materi Essensial
Latihan soal Akhir Tahun

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



5

2.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan Untuk mengerjakan Latihan soal Akhir Tahun Hlm. 99



Mengerjakan Latihan soal Akhir Tahun Hlm. 99

50

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal dan mengulang klembali materi yang sudah dipelajari



Mendengarkan motivasi yang diberikan guru



10





Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

BANDUNG,
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.


Related Post: