Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5a

Pelajaran I

SILABUS

Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                  :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan
1.1.     Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.




 

o        Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
o        Siswa dapat menanggapi pernyataan.
o        Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
o        Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
o        Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.
Teks penjelasan nara sumber
o        Mendengarkan penjelasan.
o        Menananggapi pernyataan.
o        Menanggapi. penjelasan nara sumber.
o        Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
o        Menceriterakan penjelasan nara sumber.

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kaset/CD/TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3. Penerbit Erlangga
o        Lisan.
o        Tertulis

Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.          Berbicara
2.1.  Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pikiran,kata dan santun berbahasa
o        Siswa dapat memperagakan teks percakapan.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan dari isi percakapan.
o        Siswa dapat mencatat pokok-pokok persoalan dalam percakapan.
o        Siswa dapat memberikan saran dan pendapat terhadap persoalan dengan bahasa yang benar.
Teks percakapan
o        Memperagakan percakapan.
o        Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan.
o        Mencatat pokok-pokok persoalan dalam percakapan.
o        Memberikan tanggapan berupa pendapat,saran atau alas an terhadap suatu persoalan.
1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 3 – 6.
o        Lisan
o        Tertulis
o        Penugasan


Pelajaran I
SILABUS
Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
o        Siswa dapat membaca teks percakapan dengan lancer.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat.
o        Siswa dapat melengkapai percakapan dengan kalimat yang tepat.
Teks    percakapan
o        Membaca teks percakapan dengan lancar dan jelas.
o        Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan.
o        Melengkapi percakapan yamg belum selesai dengan kalimat yang runtun.
1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 6-7
o        Lisan.
o        Tertulis
o        Tugas

Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialok tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.1.surat undangan (ulang tahun,acara agama,kegiatan sekolah) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
4.2.menggunakan kata depan : pada,sejak dan selama.
o        Siswa dapat mengenal surat undangan.
o        Siswa dapat melengkapi surat undangan berdasarkan penjelasan .
o        Siswa dapat menulis surat undangan dengan benar.
o        Siswa dapat menggunakan kata depan : pasa,sejak,selama dengan benar.
o        Sisswa dapat melengkapi kalimat dengan kata depan.
o        Siswa dapat membuat kalimat dengan kata depan.
Surat undangan ulang tahun
o        Mengenal surat undangan ulang tahun
o        Melengkapi surat undangan berdasarkan penjelasan.
o        Menulis surat undangan dengan benar.
o        Memahami bentuk kata depan pada sejak,selama.
o        Melengkapi kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama.
o        Membuat kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama dengan benar.
1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 7-8
o        Lisan
o        Tertulis
o        Penugasan



Pelajaran 2

SILABUS

Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan
1.1.Mengidentifikasi unsur cerita rakyat yang didengar


 

o        Siswa dapat mendengarkan cerita rakyat.
o        Siswa dapat mencatat nama-nama tokoh dalam cerita
o        Siswa dapat menjelaskan sifat tokoh dengan tepat.
o        Siswa dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar.
Cerita Rakyat
o        Mendengarkan cerita rakyat.
o        Mendaftar nama-nama tokoh cerita yang didengar.
o        Mencatat latar dan alamat cerita rakyat yang didengar.
o        Memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar.

1x pertemuan
2 x 35 menit
o        Kurikulum 2006 KTSP.
o        Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 18-19.
o        Kaset/CD berisi cerita rakyat
o        Lisan.
o        Tertulis
o        Tugas

Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.          Berbicara
2.1.  menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar.
o        Siswa dapat menetukan hal-hal yang diamati dalam gambar.
o        Siswa dapat menceritakan isi gambar berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan.
o        Siswa dapat menceritakan isi gambar secara lisan.

Gambar ilustrasi
o        Menentukan hal-hal yang diamati berdasarkan gambar ilustrasi.
o        Menceritakan isi gambar berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan.
o        Menceritakan isi gambar secara lisan.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 19–21
o        Lisan
o        Tertulis
o        Penugasan


 
Pelajaran 2

SILABUS
Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat..
o        Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi yang tepat.
o        Siswa dapat membacakan puisi dengan penghayatan yang benar.
o        Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi dengan tepat.
Teks   puisi
o        Memahami membaca puisi dengan ekpresi yang tepat.
o        Membacakan puisi dengan penghayatan yang tepat.
o        Menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat.
1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 22-23
o        Lisan.
o        Tertulis
o        Tugas

Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.1Menulis karangan berdasarkan pengamatan dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan  ejaan.
4.2.Memehami kalimat yang mengungkapkan harapan.
o        Siswa dapat menuliskan karangan berdasarkan gambar seri.
o        Siswa dapat mengurutkan gambar seri yang benar.
o        Siswa dapat menulis cerita yang utuh dan padu.
o        Siswa dapat mengungkapkan kalimat harapan.
o        Siswa dapat menentukan kalimat harapan.
Gambar Seri
o        Memahami penulisan karangan berdasarkan gambar seri.
o        Mengurutkan gambar seri dengan benar.
o        Menulis cerita yang utuh dan padu berdasarkan gambar seri.
o        Memahami kalimat yang mengungkap harapan.
o        Menentukan kalimat yang mengungkapkan harapan.
o        Membuat kalimat yang mengungkapkan harapan.
1 x pertemuan
2 x 35 menit
o        Kurikulum 2006 KTSP.
o        Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 23-26. 
o        Lisan
o        Tertulis
o        Penugasan



Pelajaran 3

SILABUS

Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan
1.1.Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.


 

o        Siswa dapat mendengarkan penjelasan nara sumber yang benar.
o        Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan penjelasan nara sumber yang didengar.
o        Siswa dapat menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar.
o        Siswa dapat melengkapi penjelasan dari nara sumberr.
Teks penjelasan nasa sumber
o        Mendengarkan penjelasan nara sumber.
o        Melengkapi pernyataan berdasarkan nara sumber yang didengar.
o        Menentukan atau memilihhal penting dari penjelasan nara sumber yang didengar.
o        Menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar.
o        Menanggapi penjelasan dari nara sumber.

1x pertemuan
2 x 35 menit
o        Kurikulum 2006 KTSP.
o        Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 35-35

o        Lisan.
o        Tertulis
o        Tugas

Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.          Berbicara
2.1.  Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
o        Siswa dapat memperagakan percakapan di depan kelas dengan benar.
o        Siswa dapat menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks percakapan.
o        Siswa dapat menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar.
o        Siswa dapat menanggapi persoalan dengan memberikan pendapat dan saran berdasarkan gambar.

Teks percakapan dan gambar
o        Memperagakan percakapan di depan kelas.
o        Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terdapat dalam teks percakapan.
o        Menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 35-38
o        Lisan
o        Tertulis
o        Penugasan

Pelajaran 3

SILABUS

Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1. Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata permenit.
o        Siswa dapat membaca teks bacaan dengan cepatt.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
o        Siswa dapat melengkapi kalimat suatu teks bacaan.
o        Siswa dapat membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan yang dibaca.
Teks   bacaan
o        Membaca teks bacaan dengan cepat.
o        Menjawab pertanyaan.
o        Melengkapi kalimat suatu teks bacaan.
o        Membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan yang dibaca.
1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 39-40
o        Lisan.
o        Tertulis
o        Tugas
o        Portofolio

Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.1Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan  ejaan.
4.2.Memahami penggunaan awalan ber-.
o        Siswa dapat mengurutkan gambar dengan benar.
o        Siswa dapat menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar.
o        Siswa dapat mengembangkanpokok pikiran dalam gambarmenjadi sebuah cerita.
o        Siswa dapat memahami arti awalan ber-.
o        Siswa dapat membuat kalimat yang berawalan ber-.
Gambar Seri
o        Mengurutkan gambar seri dengan benar dan runtut.
o        Menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar seri.
o        Mengembangkan hal yang diamati menjadi sebuah karangan atau cerita.
o        Memahami arti awalan ber-.
o        Membuat kalimat dengan menggunakan kata yang berawalan ber-.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
o        Kurikulum 2006 KTSP.
o        Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 41-43. 
o        Lisan
o        Tertulis
o        Penugasan
o        Portofolio



Pelajaran 4

SILABUS

Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan
1.1.Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya..


 

o        Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita.
o        Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan cerita rakyat.
o        Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh dari cerita yang didengar.
o        Siswa dapat menjelaskan latar dan alamat cerita rakyat yang didengar.
Teks cerita rakyat
o        Mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o        Melengkapi pernyataan berdasarkan cerita rakyat.
o        Menentukan tokoh dan sifat tokoh dari cerita rakyat yang didengar.
o        Menentukan latar dan amanat cerita yang didengar.

1x pertemuan
2 x 35 menit
o        Kurikulum 2006 KTSP.
o        Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 50-51
o        CD

o        Lisan.
o        Tertulis
o        Tugas
o        Portofolio

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
5.          Berbicara
2.1.  Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
o        Siswa dapat memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara..
o        Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
o        Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber.
o        Siswa dapat menggunakan kata Tanya dengan tepat.
o        Siswa dapat membuat kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat.

Teks wawancara
o        Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.
o        Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara..
o        Melakukan wawancara dengan nara sumber.
o        Menggunakan kata Tanya dengan tepat dalam kalimat.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 51-54
o        Lisan
o        Tertulis
o        Penugasan
o        Portofolio


Pelajaran 4

SILABUS

Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yangtepat.
o        Siswa dapat membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas.
o        Siswa dapat mencatata hal-hal pokok dalam percakapan.
o        Siswa dapat menuliskan isi kesimpulan percakapan.

Teks   Percakapan
o        Membaca teks percakapan secara berpasangan.
o        Mencatat hal-hal pokok dalam percakapan.
o        Menuliskan kesimpulan dari isi percakapan.

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 55
o        Lisan.
o        Tertulis


Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.1.Menulis surat indangan ( ulang tahun,acara keagamaan,kegiatan sekolah,kenaikan kelas dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan ejaan..

o        Siswa dapat membaca surat pribadi secara cermat.
o        Siswa dapat menentukan cirri-ciri surat pribadi.
o        Siswa dapat melengkapi surat pribadi yang belum lengkap.
o        Siswa dapat menulis surat pribadi.
Surat pribadi
o        Membaca surat pribadi dengan cermat.
o        Menentukan cirri-ciri surat pribadi.
o        Melengkapi surat pribadi yang belum lengkap.
o        Menulis surat pribadi dengan memperhatikan ejaan yang tepat.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
o        Kurikulum 2006 KTSP.
o        Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 56-58. 
o        Tertulis
o        Portofolio




                         

Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan
1.1.Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.


 

o        Siswa dapat mendengarkan nara sumber.
o        Siswa dapat hal-hal pentingdari penjelasan yang didengarkan.
o        Siswa dapat mengajukan pertanyaan berdasarkan penjelasan.
o        Siswa dapat menanggapi isi penjelasan.
Teks penjelasan nara sumber
o        Mendengarkan penjelasan nara sumber.
o        Mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan nara sumber.
o        Mengajukan pertanyaan berdasarkan penjelasan.
o        Menanggapi isi penjelasan.

1x pertemuan
2 x 35 menit
o        Kurikulum 2006 KTSP.
o        Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 64-65
o        CD/kaset

o        Lisan.
o        Tertulis


Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
2.1.  Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
o        Siswa dapat memperagakan wawancara dengan benar.
o        Siswa dapat mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara.
o        Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
o        Siswa dapat wawancara dengan nara sumber.
o        Siswa dapat melaporkan hasil wawancara dengan baik..

Teks wawancara
o        memperagakan wawancara.
o        Mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara.
o        Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
o        Melakukan wawancara dengan nara sumber.
o        Melaporkan hasil wawancara yang telah dilakukan.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 65-68
o        Lisan
o        Tertulis
o        Penugasan
o        Portofolio


Pelajaran 5

SILABUS

Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
o        Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi.
o        Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
o        Siswa dapat mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.

Teks   Puisi
o        Menentukan jeda,penggalan dalam puisi.
o        Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
o        Mencari puisi yang bertemakan Pahlawan  dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 67-68
o        Lisan.
o        Tertulis
o        Penugasan



Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.1. Menulis dialog sederhana antara dua,tiga tokoh serta memperhatikan isi serta perannya.
4.2. Menggunakan tanda titik dua ( : ) dalam kalimat.

o        Siswa dapat memahami dialog atau percakapan dengan benar.
o        Siswa dapat melengkapi dialog yang belum selesai.
o        Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan.
o        Siswa dapat memperagakan dialog di depan kelas.
o        Siswa dapat memahami penggunaan tanda baca titik dua ( : ).
o        Siswa dapat menggunakan tanda titik dua ( : ).
Teks dialog
o        Memahami dialog atau percakapan.
o        Melengkapi dialog yang belum selesai.
o        Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan.
o        Memperagakan dialog di depan kelas.
o        Memahami penggunaan tanda titik dua ( : )
o        Menggunakan tanda titik dua ( : ).

1 x pertemuan
2 x 35 menit
o        Kurikulum 2006 KTSP.
o        Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 69-72. 
o        Tertulis
o        Portofolio
o        Lisan
o        Tugas




Pelajaran 6

SILABUS

Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan
1.1.Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.


 

o        Siswa dapat memahami alur cerita dalam cerita rakyat.
o        Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat yang dibacakan guru.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan.
o        Siswa dapat mengisi table alur cerita secara kelompok.
o        Siswa dapat menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri
Teks Cerita Rakyat
o        Memahami unsure alur dalam cerita rakyat.
o        Mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan guru.
o        Menjawab pertanyaan secara lisan.
o        Mengisi table alur cerita rakyat secara kelompok.
o        Menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri.

1x pertemuan
2 x 35 menit
o        Kurikulum 2006 KTSP.
o        Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 84-85
o        CD/kaset

o        Lisan.
o        Tertulis


Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
2.1. Menceriterakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar .
o        Siswa dapat memahami laporan hasil kunjungan.
o        Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan dengan benar.
o        Siswa dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar.
o        Siswa dapat menanggapi isi laporan kunjungan.


Teks Laporan Hasil Kunjungan
o        Memahami laporan hasil kunjungan.
o        Membuat laporan hasil kunjungan.
o        Menyampaikan hasil laporan kunjungan.
o        Menanggapi isi laporan kunjungan.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 85-87
o        Lisan
o        Tertulis
o        Portofolio

 

Pelajaran 6
SILABUS

Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1.Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit.
o        Siswa dapat.membaca bacaan dengan kecepatan 75/menit.
o        Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca .
o        Siswa dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang dibaca.
o        Siswa dapat menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca.

Teks   Bacaan
o        Membaca bacaan dengan kecepatan 75 kata/menit.
o        Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca.
o        Mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang telah dibacat.
o        Menceriterakan kembali isi bacaan yang telah dibaca.

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 87-90
o        Lisan.
o        Tertulis


Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.

o        Siswa dapat memahami penggunaan kata penghubung tetapi.
o        Siswa dapat membuat kalimat dengan kata tetapi.
o        Siswa dapat menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal.
o        Siswa dapat mengurutkan gambar seri dengan benar.

Teks Gambar Seri
o        Memahami penggunaan kata penghubung tetapi.
o        Membuat kalimat dengan kata tetapi.
o        Menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal.
o        Mengurutkan gambar seri dengan tepat.


1 x pertemuan
2 x 35 menit
o        Kurikulum 2006 KTSP.
o        Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 90-92. 
o        Tertulis




Pelajaran 7

SILABUS

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan
1.1. Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang dibacakan

 

o        Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan.
o        Siswa dapat mendaftar unsure-unsur cerita rakyat.
o        Siswa dapat menceriterakan cerita rakyat dengan kata-kata sendiri.

Teks Cerita Rakyat
o        Mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o        Menjaawab pertanyaan secara lisan.
o        Mendaftar unsure-unsur cerita rakyat.
o        Menceriterakan kembali cerita rakyat yang telah dibaca.

1x pertemuan
2 x 35 menit
o        Kurikulum 2006 KTSP.
o        Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 100-101
o        CD/kaset

o        Lisan.
o        Tertulis


Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
2.1. Berwawancara secara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
o        Siswa dapat memperagakan percakapan.
o        Siswa dapat hal-hal yang penting yang dibacakan.
o        Siswa dapat menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara.
o        Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber.


Teks Wawancara
o        Memperagakan wawancara.
o        Mencatat hal-hal penting yang dibaacakan.
o        Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara.
o        Melakukan wawancara dengan nara suber.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.101-103
o        Lisan
o        Tertulis


 
Pelajaran 7

SILABUS
Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1. Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit
o        Siswa dapat.membaca teks bacaan dengan intonasi yang tepat.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan .
o        Siswa dapat meringkas teks bacaan.
o        Siswa dapat menentukan gagasan utama dalam bacaan.

Teks   Bacaan
o        Membaca bacaan dengan lafal dan informasi yang tepat.
o        Menjawab pertanyaan.
o        Meringkas teks bacaan.
o        Menentukan gagasan utama bacaan.

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia
hal : 103-105
o        Penugasan
o        Tertulis


Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.1. Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.
4.2. Menggunakan tanda seru ( ! ) dalam kalimat

o        Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog.
o        Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.
o        Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
o        Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas.
o        Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
o        Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
o        Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda sseru ( ! )

Teks Dialog
o        Membaca contoh dan kesimpulan dialog.
o        Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog.
o        Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
o        Memperagakan dialog yang dibuat.
o        Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
o        Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
o        Membuat kalimat seru.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 105-108 
o        Tertulis
o        Tertulis
o        Penugasan



Pelajaran 8

SILABUS

Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan
1.1. Menanggapi penjelasan nara sumber  (petani,pedagang,nelayan,karyawan,dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
 

o        Siswa dapat mendengarkan penjelasan nara sumber.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan penjelasan nara sumber.
o        Siswa dapat mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber.
o        Siswa dapat menanggapi isi penjelasan dari nara sumber.

Teks Penjelasan Nara Sumber
o        Mendengarkan penjelasan dari nara sumber.
o        Menjaawab pertanyaan berdasarkan penjelasan dari nara sumber.
o        Mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber.
o        Menanggapi isi penjelasan dari nara sumber.

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 116-117

o        Lisan.
o        Tertulis


Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
2.1. Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan pilihan kata dan santun berbahasa.
o        Siswa dapat memperagakan percakapan di depan kelas.
o        Siswa dapat menjelaskan masalah atau peristiwa dengan menjawab pertanyaan.


Teks Percakapan
o        Memperagakan percakapan di depan kelas.
o        Menjelaskan masalah dengan menjawab pertanyaan.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.117-119
o        Lisan
o        Tertulis




Pelajaran 8
SILABUS

Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1. Menemukan gagasan  utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit
o        Siswa dapat.membaca selkilas teks tata tertib.
o        Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks tata tertib.
o        Siswa dapat menulis teks tata tertib sekolah.
o        Siswa dapat menentukan gagasan utama dalam bacaan.

Teks   Tata Tertib Sekolah
o        Membaca sekilas tata tertibt.
o        Menjawab pertanyaan berdasarkan tata tertib.
o        Menjelaskan isi tata tertib.
o        Menulis tata tertib sekolah.

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia
hal : 119-121
o        Lisan
o        Tertulis


Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.

o        Siswa dapat menentukan judul karangan.
o        Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
o        Siswa dapat menulis karangan berdasarkan pengalaman.
o        Siswa dapat membaca karangan yang dibuat.
o        Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”.

Teks Karangan
o        Menentukan judul karangan.
o        Melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
o        Menulis karangan berdasarkan pengalaman.
o        Membaca karangan yang dibuat sendiri.
o        Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.


1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 121-124. 
o        Tertulis
o        Potofolio



Pelajaran 9

SILABUS

Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan
1.1. Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya.
 

o        Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o        Siswa dapat menentukan unsure-unsur cerita.
o        Siswa dapat menyampaikan amanat/pesan cerita secara lisan.
o        Siswa dapat menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri.
o        Siswa dapat menulis tanggapan mengenai isi cerita rakyat.

Teks Cerita Rakyat
o        Mendengarkan pembacaan cerita rakyat.
o        Menentukan unsure-unsur cerita.
o        Menyampaikan amanat/pesan cerita yang didengar.
o        Menceriterakan kembali cerita yang didengar.
o        Menulis tanggapan mengenai cerita rakyat yang didengar.

1x pertemuan
2 x 35 menit
o        Kurikulum 2006 KTSP.
o        Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 132-133

o        Lisan.
o        Tertulis


Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
2.1. Menanggapi persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
o        Siswa dapat memperagakan teks percakapan.
o        Siswa dapat menanyakan persoalan yang dibicarakan.
o        Siswa dapat memberikan pendapat terhadap suatu persoalan.


Teks Percakapan
o        Memperagakan teks percakapan secara berpasangan di depan kelas.
o        Menanyakan persoalan yang dibicarakan.
o        Memberikan pendapat terhadap suatu persoalan.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.133-135
o        Lisan
o        Tertulis


Pelajaran 9
SILABUS

Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                 :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
3.1. Membaca puisidengan lafal dan intonasi yang tepat.
o        Siswa dapat.membaca puisi dengan ekpresi dan penghayatan yang tepat.
o        Siswa dapat menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat.
o        Siswa dapat membuat puisi dan membacanya.
o        Siswa dapat menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman.

Teks   Puisi Anak
o        Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
o        Menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat.
o        Membuat puisi dan membacanya.
o        Menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman.

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia
hal : 135-137
o        Lisan
o        Tertulis


Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :  5 / Pertama
Standar Kompetensi                  :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
4.1. Menulis surat undangan (ulang tahun,acara keagamaan, kegiatan sekolah,kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.

o        Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
o        Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.

Teks Undangan Resmi
o        Memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
o        Melengkapi surat undangan dengan tepat.


1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 138-140 
o        Tertulis
o        Portofolio




Related Post:

Edukasi s d soal-soal ebook Jurnal m i Pengetahuan s m p s m a m t s aliyah makalah harmony family emosi psikologi SOAL UTS SEMESTER 2 pernak pernik skripsi soal-soal uts sd thesis tips nature download soal un Teknologi bocoran soal UN kurikulum soal uts sd semester genap Islam kumpulan soal un wanita bisnis on-line fakultas island kerja di internet kerja sampingan kumpulan soal uts sd semester genap prediksi soal umptn Gaya Hidup gaji dollar prediksi soal un review dapat dollar Kumpulan SOAL kumpulan soal uts prediksi soal un 2009 Berita Info Sertifikasi Guru download soal un Gadget News cerita lucu contoh dunia anak naskah Soal Un 2012 pendidikan puisi soal ulangan sd ujian nasional 2012 Artikel Otomotif Beach Biologi Cek Data Dapodik Daftar Fashion Handphone Kesehatan Makalah Teknologi jpeg image kata cinta kata mutiara ramalan Animal Image Berita Internasional Gemscool Kata-kata Kata-kata Galau Kecerdasan Makalah Akuntansi Makalah Manajemen Makalah Olah Raga SNMPTN 2013 Ujian Nasional bisnis online cerpen game online kata motivasi kata romantis lagu terbaru nama perguruan tinggi naskah Soal Un 2013 pantun perguruan tinggi seksologi seleksi perguruan tinggi sms soal ipa kelas 5 sd Atletik Cek NUPTK Indonesia Kalender 2013 Komunikasi Laboratorium Makalah Antropologi Makalah Filsafat Makalah Lingkungan Makalah Pendidikan Matematika Penyebab Asam Urat RSBI/BSI Rumus Matematika SMA Sinopsis Walpaper android bayi cara facebook film harga kata bijak kesuburan wanita khasiat daun sirsak kumpulan soal ulangan kumpulan soal un. Tags: Arsip Soal UN kumpulan soal uts smp lucu manfaat daun sirsak otak prediksi SOAL UN SMP 2013 prediksi soal un 2012 sea seleksi soal snmptn situs terkenal soal UN SMP 2013 soal tik smp soal-soal ips kelas 5 soal-soal latihan software tips menarik ucapan ujian nasional 2013 4shared ATM Air kelapa bikin suara jadi merdu Akuntansi Artikel Sains Bahasa Daerah Bahasa Indonesia Bahasa Pemograman Baju Batik Bank Biografi Galileo Bocoran Soal Ujian Nasional 2013 Boy Band Buah kelapa membuat wajah jadi segar Buku Can We Get Married Cara Diet Alami Dengan Makan Buah dan Sayuran Cara Menguruskan Badan Dengan Cepat Cara Sembuhkan Stroke Cara diet alami dan sehat Cepat Hamil Childless Comfort Data NUPTK Download Soal Drama Korea Entertaiment Etika Fikih Filsafat Hermeneutika Filsafat Ilmu Full House Take 2 Gejala Asam Urat Gig image HKI Habibie Ainun Hak Kekayaan Intelektual Hardware Healthy Illegal Logging Ilmu Antropologi Ilmuwan Informasi Jadwal Un 2013 Kacamata Karier Karya Tulis Ilmiah Kebaya Kebudayaan Keuangan Key Aktivator Khasiat Buah Alpukat Untuk Obat Penyakit Khasiat Dan Manfaat Buah Alpukat Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Obat Penyakit Kredit Macet Lari Marathon Lompat Jauh Lupa Makalah Agama Makalah Ekonomi Makalah Hukum Makalah Kesehatan Makalah Seni Makalah Sosiologi Makanan untuk Atasi Nyeri Haid Manajemen Pendidikan Manfaat Buah Alpukat Untuk Obat Mengatasi sakit saat menstruas Merawat Buku Missing You - I Miss You Motivasi Musik Nilai Norma Obat Obat Asam Urat Obat Bisul Tradisional Obat Bisul alami. Obat Bisul herbal Obat Bisul mantab Obat Mata Minus Yang Cespleng Obat Mata Minus alami Obat Mata Minus herbal Obat Mata Minus tradisional Obat Tradisional Asam Urat Obat cacingan Obat cacingan untuk anak Obat cacingan alami Obat cacingan herbal Obat cacingan tradisional Obat cacingan tradisional untuk bayi Obat cacingan tradisional untuk bayi dan anak Obat kutu air Obat kutu air alami Obat kutu air tradisional PKn Pantangan Asam Urat Pasang iklan Pasar Pasar Persaingan Sempurna Pemanasan Global Pensil 2B Asli Penyebab Datang Bulan Sering Terlamba Perkembangan Teknologi Persaingan Proses RPP Raket Ramuan kanker dengan daun sirsak Rumah dijual Rumus Fisika SMA Terbaik Sajadah Sakit pada saat kencing Samsung Sastra School 2013 Senyam-senyum Silabus SD Silabus SMA Sistem Pemerintahan Soal Fisika Soal STAN Soal UASBN SD 2013 Soal UN 2013 Sosial Standar Akuntansi Teknologi Informatika Tentang Hidup Teori Akuntansi Teropong Bintang Three Tips cara menambah berat badan secara alami Tunjangan Fungsional Guru UN SMA 2013 Ushul Fikih Video aplikasi arsip soal UN SMP artis bayaran dollar belajar bahasa inggris bisnis internet bisnis online mencari dollar blackberry bocoran Soal UN SMP 2013 buah kelapa daun jati cina daun sirsak 3 daun sirsak 4 daun sirsak 5 daya ingat email game gunanya Air kelapa hamil idm internet jadwal jerawat jpeg jurusan kata gombal kata indah kata lucu khasiat Air kelapa khasiat air rebusan daun sirsak. khasiat buah kelapa khasiat wortel kisi-kisi UN 2013 kulaih kuliah manfaat manfaat Air kelapa manfaat air rebusan daun sirsak. manfaat buah kelapa manfaat wortel menurunkan berat badan menurunkan berat badan alami menurunkan berat badan tradisional obat Nyeri Haid alami obat Nyeri Haid tradisional obat anyang-anyang obat kanker alami obat kanker herbal obat kanker tradisional obat sakit gigi obat sakit gigi cespleng obat sakit gigi tradisional obat stroke pekerjaan pengumuman pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2012 penyebab sakit akibat mens perawatan wajah perguruan tinggi negeri prediksi soal un 2013 sakit gigi sakit saat buang air sepak bola sepeda motor soal SNMPTN soal bahasa inggri UN soal bahasa inggris 2012 soal bahasa inggris 2013 soal olimpiade soal olimpiade matematika soal pkn kelas 3 sd soal pkn kelas 5 soal snmptn 2012 soal snmptn 2013 soal tik sd kelas 5 soal umptn soal uts sd pkn semester genap soal-soal uts smp sulit belajar surat lamaran kerja ternak tips dan trik tutotial tv online ujian masuk ujian nasional 2009 universitas negeri usaha water fall