LKS (Lembar Kerja Siswa) IPS Kelas 5 BAB 2



 Posting ini melanjutkan posting saya dari  LKS BAB 1, lengkap dengan kunci jawaban.

A. Kenampakan Alam Wilayah Indonesia

 Kenampakan alam di Indonesia memiliki ciri yang berbeda-beda antara provinsi satu dengan provinsi yang lainnya. Secara umum, kenampakan alam berupa daratan dan perairan. Kenampakan alam daratan berupa pegunungan, gunung, dataran tinggi, dataran rendah, dan tanjung. Kenampakan alam perairan berupa sungai, danau, laut, dan selat.

1. Pegunungan 
 Pegunungan adalah sekumpulan bukit yang membentuk barisan. Di wilayah Indonesia banyak terdapat pegunungan, di antaranya Pegunungan Bukit Barisan di Sumatra, Pegunungan Kapur Utara, Pegunungan Dieng, Pegunungan Serayu, Pegunungan Tengger, dan Pegunungan Sewu yang semuanya terdapat di Jawa. Di Kalimantan, terdapat Pegunungan Meratus, Pegunungan Schwaner, dan Pegunungan Muller. Di Sulawesi terdapat Pegunungan Utambela, Pegunungan Fenema, Pegunungan Pompange, Pegunungan Quarles, Pegunungan Tineba, Pegunungan Verbek, Pegunungan Matarombea, dan Pegunungan Tangkeleboke. Pegunungan di Irian memiliki puncak yang sangat tinggi. Contohnya Pegunungan Sudirman dengan puncaknya Puncak Jaya (5.030 m) dan Puncak Trikora (4.750 m). Pegunungan Jayawijaya dengan puncaknya Puncak Mandala (4.700 m) dan Puncak Yamin (4.506 m).

 2. Gunung

Gunung adalah bukit yang sangat besar dan tinggi. Gunung tertinggi di Jawa adalah Semeru ( 3.676 m ), di Sumatra adalah Gunung Kerinci (3.805 m ), di Sulawesi adalah Gunung Rantekombala ( 3.456 m).
Adapun gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jaya 5.030 m yang selalu diselimuti salju.
Kenampakan Alam dan Buatan serta Pembagian Waktu di Indonesia



3. Tanjung
Tanjung atau semenanjung adalah daratan yang menjorok ke laut. Pulaupulau di Indonesia banyak memiliki tanjung karena pantai di kepulauan Indonesia tidak rata. Tanjung yang sangat luas disebut jazirah, contohnya jazirah Arab. Tanjung yang sangat sempit disebut ujung, contohnya Ujung Kulon di Jawa Barat.
 4. Sungai

Sungai adalah aliran air yang besar yang terjadi karena alam. Di Indonesia banyak terdapat sungai, baik besar maupun kecil. Sungai terbesar adalah Sungai Musi di Sumatra. Sungai terpanjang di Jawa adalah Sungai Bengawan Solo. Sungai terpanjang di Kalimantan adalah Sungai Kapuas dan Sungai terpanjang di Papua adalah Sungai Memberamo.

5. Danau
Danau adalah genangan air yang sangat luas yang dikelilingi daratan. Dilihat dari prosesnya, danau dibedakan menjadi dua, yaitu danau alam dan danau buatan. Danau alam terjadi karena peristiwa alam, letusan gunung berapi, pengikisan, dan patahan bumi. Danau ini sering disebut telaga/sendang/tasik. Danau buatan disebut juga bendungan, waduk, atau dam. Danau terbesar di Indonesia adalah Danau Toba di Sumatra Utara, yang di tengah-tengahnya terdapat Pulau Samosir.


6. Teluk
Teluk adalah bagian laut yang menjorok ke daratan. Teluk biasanya digunakan untuk pelabuhan laut/ bandara karena daerah tersebut bebas dari ombak yang besar. Contoh teluk di Indonesia adalah Teluk Jakarta dan Teluk Penyu.

7. Selat



Selat adalah laut yang sempit yang menghubungkan pulau satu dengan pulau yang lainnya. Indonesia memiliki banyak selat karena Indonesia terdiri dari beriburibu pulau besar dan kecil. Contoh selat di Indonesia adalah Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Sumatra.

 

 

B. Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan flora dan fauna. Hal ini disebabkan oleh letak geografis Indonesia di antara dua samudra dan dua benua. Flora adalah tumbuhan dan fauna adalah hewan. Flora dan fauna artinya dunia tumbuhan dan dunia hewan. Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh bentang alam yang ada.

1. Flora di Indonesia

Menurut penyelidikan para ahli, di Indonesia terdapat kurang lebih 4.500 jenis pohon,1.500 jenis tumbuhan paku dan 5.000 jenis tumbuhan anggrek dari jumlah 375.000 jenis yang ada di dunia. Keadaan tanah dan iklim di Indonesia menyebabkan tanah di Indonesia subur, sehingga hampir 14% wilayah Indonesia ditumbuhi tanaman yang sangat lebat. Flora di Indonesia dikelompokkan menjadi empat, yaitu sebagai berikut:
a. Hutan hujan tropis
Hutan hujan tropis terdapat di sekitar garis khatulistiwa. Tumbuhannya sangat beragam sehingga sering disebut hutan heterogen. Wilayah Indonesia yang banyak terdapat hutan hujan tropis adalah Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua.

b. Hutan musim

Hutan musim adalah hutan yang terdapat di daerah yang memiliki musim kemarau cukup panjang. Hutan ini jenis tumbuhannya sangat sedikit bahkan cenderung sejenis. Hutan musim sering disebut hutan homogen. Contoh hutan musim adalah hutan jati dan hutan pinus. Wilayah Indonesia yang banyak terdapat hutan musim adalah Jawa Timur, Nusa Tenggara, dan Sulawesi Selatan.



c. Hutan sabana dan stepa 
 Hutan sabana adalah hutan padang rumput yang banyak semak-semaknya. Stepa adalah padang rumput yang luas tanpa bersemak. Keduanya terdapat di daerah yang kering dan curah hujan yang sedikit. Hutan ini banyak terdapat di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Madura. Daerah ini cocok dimanfaatkan sebagai daerah peternakan.


d. Hutan lumut 
 Hutan lumut adalah hutan yang hanya ditumbuhi oleh padang lumut. Hutan ini tumbuh di daerah gunung atau pegunungan yang memiliki ketinggian 1.500 รข€“3.000 meter dan berudara lembab.


2. Fauna di Indonesia
Sama halnya dengan flora di Indonesia, fauna di Indonesia juga sangat beragam. Ahli flora dan fauna Alfred Weber dan Wallace membagi wilayah fauna menjadi tiga bagian, yaitu fauna Asiatis, fauna Peralihan, dan fauna Australis. Ketiganya dipisahkan oleh garis Weber dan garis Wallace. Garis Weber adalah garis yang digambar oleh Weber untuk memisahkan habitat fauna tipe Australia dengan fauna tipe Peralihan, sedangkan garis Wallace adalah garis yang digambar oleh Wallace untuk memisahkan habitat fauna tipe Peralihan dengan fauna tipe Asia.

a. Fauna Asiatis
Fauna Asiatis memiliki kesamaan dengan fauna yang hidup di Benua Asia. Hewan tipe Asia, antara lain harimau, kera, gajah, orangutan, dan sebagainya. Hewan tipe Asia banyak terdapat di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.

b. Fauna Peralihan
Fauna Peralihan tidak memiliki kesamaan dengan fauna di Asia ataupun fauna di Australia. Fauna tipe Peralihan umumnya berada di wilayah Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Nusa Tenggara. Jenis hewan tipe ini, antara lain komodo, anoa, babi rusa, burung malio, dan burung kakaktua.

c. Fauna Australis
Fauna Australis memiliki kesamaan dengan fauna yang ada di Benua Australia. Jenis hewan tipe ini banyak hidup di wilayah Indonesia bagian timur, Maluku bagian timur, dan Irian. Jenis hewan tipe Australis, antara lain burung cenderawasih, nuri raja, kanguru, kuskus, musang berkantung, tikus berkantung, dan kasuari.


C. Cuaca dan Iklim di Indonesia

Cuaca adalah ratarata keadaan udara suatu tempat dalam rentang waktu yang relatif singkat. Cuaca cepat berubah-ubah dan daerahnya tidak terlalu luas, iklim adalah keadaan rata-rata cuaca dari suatu daerah yang luas dan diperhitungkan dalam rentang waktu yang lama. Iklim jarang berubah sampai jangka waktu antara 30-100 tahun.

1. Iklim dan Angin di Indonesia Iklim sangat dipengaruhi oleh letak astronomis Indonesia yang berada di garis lintang 6°LU-11°LS sehingga beriklim tropis. Selain itu, Indonesia juga terletak di antara dua benua dan dua samudra.

2. Pola Angin di Indonesia Apakah angin itu? Angin adalah udara yang bergerak. Angin bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi menuju ke daerah yang bertekanan rendah. Jenis angin yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut.

a. Angin musim
Angin musim ada dua, yaitu angin musim barat dan angin musim timur.
Angin musim barat bergerak dari Asia menuju Australia yang melewati Samudra Hindia. Angin musim barat banyak membawa uap air sehingga menyebabkan musim hujan. Angin ini bertiup antara bulan September sampai Maret. Adapun angin musim timur adalah angin yang bergerak dari Benua Australia menuju Samudra Hindia. Angin ini bersifat kering sehingga menyebabkan musim kemarau di Indonesia. Angin ini bertiup dari bulan Maret sampai dengan bulan September.

b. Angin lokal
Angin lokal terjadi di suatu tempat tertentu saja. Angin lokal dibedakan menjadi sebagai berikut,
1)  Angin laut, yaitu angin yang bertiup dari laut menuju ke darat. Angin ini terjadi pada siang hari.
2)  Angin darat, yaitu angin yang bertiup dari darat menuju ke laut. Angin ini terjadi pada malam hari.
3)  Angin gunung, yaitu angin yang bertiup dari puncak gunung menuju ke lembah.
     Angin ini terjadi pada malam hari.
4)  Angin lembah, yaitu angin yang bertiup dari lembah menuju ke puncak gunung.
     Angin ini terjadi pada siang hari.

c. Angin Fohn
Angin fohn adalah angin yang turun dari lereng pegunungan. Sifat angin ini kering dan panas. Berbagai jenis angin fohn, antara lain sebagai berikut.
1) Angin Kumbang, terjadi di Tegal dan Cirebon.
2) Angin Gending, terjadi di Pasuruan dan Probolinggo, Jawa Timur.
3) Angin Puting Beliung dan Bahorok, terjadi di Medan, Sumatra Utara.
4) Angin Brubu, terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan.
5) Angin Wambrau, terjadi di Biak, Papua.


3. Dampak Perubahan Cuaca dan Iklim terhadap Kehidupan

 Pengaruh atau dampak cuaca dan iklim terhadap kehidupan ditentukan oleh tingkat budaya seseorang.  Pengaruh ini menentukan berbagai hal, antara lain sebagai berikut.
 a. Pola perilaku dalam kehidupan sehari-hari.
 b. Cara berpakaian.
 c. Pemilihan bentuk rumah.
 d. Penyesuaian pada lingkungannya.
 e. Cara beraktivitas atau memilih pekerjaan.

D. Kenampakan Buatan di Indonesia

Kenampakan buatan di Indonesia sangat banyak. Hal ini disebabkan oleh faktor kebutuhan manusia. Lingkungan buatan adalah daerah yang sengaja dibuat lingkungan baru untuk kepentingan tertentu. Kepentingan manusia, antara lain untuk kemakmuran, melindungi satwa dan tumbuhan, pembangunan sarana dan prasarana bagi umum, untuk PLTA, dan untuk tujuan wisata atau rekreasi. Kenampakan alam buatan, antara lain sebagai berikut: 

1. Waduk 
Waduk adalah bendungan atau dam yang merupakan danau buatan. Waduk dimanfaatkan untuk kepentingan irigasi, perikanan, PLTA, dan wisata. Contohnya adalah Waduk Jatiluhur, Waduk Saguling, Waduk Cirata di Jawa Barat dan Waduk Gajah Mungkur, Waduk Malahayu di Jawa Tengah.
2. Pelabuhan 
Pelabuhan merupakan bandar atau tempat berlabuh atau singgahnya kapalkapal, baik kapal barang atau kapal muatan penumpang. Pelabuhan juga sebagai tempat transaksi perdagangan, ekspor impor, dan bea cukai. Semua kegiatan tersebut menambah devisa negara. Pelabuhan di Indonesia, antara lain Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta dan Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.

3. Kebun Binatang
 Kebun binatang merupakan tempat yang sengaja dibuat untuk melestarikan hewan dari kepunahan dan mengembangbiakkan hewan tersebut. Kebun binatang biasanya dibuka untuk wisata atau rekreasi masyarakat umum. Kebun binatang yang terkenal di Indonesia adalah Ragunan di Jakarta, Taman Safari di Bogor, Wonokromo di Surabaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Bandar udara 
Bandar udara adalah tempat yang sengaja dibuat untuk tinggal landas sebuah pesawat. Sarana ini termasuk dalam transportasi udara. Bandar udara yang terkenal adalah SoekarnoHatta di Jakarta, Juanda di Surabaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Sumber: Oxford Ensiklopedi Pelajar, 1

5. Perkebunan
 Perkebunan adalah areal yang sengaja dibuat untuk ditanami tanaman industri seperti kelapa sawit, kopi, teh, coklat, karet, kelapa, tembakau ,tebu dan lain-lain.

6. Kawasan Industri /Pabrik 
Kawasan industri adalah daerah yang sengaja dibangun untuk lokasi usaha dalam lingkup besar, seperti pabrik. Biasanya pabrik dibangun di daerah yang agak jauh dari pemukiman penduduk. Hal ini, bertujuan agar polusi dari pabrik tersebut tidak menggangu kenyamanan penduduk. Keuntungan dari pembuatan kenampakan Sumber: Heritage,8 buatan antara lain adalah meningkatkan Gambar 2.15 Pabrik kesejahteraan masyarakat, kesempatan kerja luas, dan tersedianya fasilitas yang lebih baik. Sedangkan kerugiannya adalah rusaknya lingkungan,dan pencemaran lingkungan.


UJI KOMPETENSI 2


1. Berikut ini adalah pegunungan yang ada di jawa Tengah, kecuali...
    a. Pegunungan Fenema                       c. Pegunungan Dieng
    b. Pegunungan Serayu                        d. Pegunungan Kapur

2. Danau Tempe terdapat di Pulau....
   a. Sumatra                 c. Sulawesi
   b. kalimantan             d. Bali

3. Weber dan Walace membagi daerah fauna di Indonesia menjadi....
    a. dua                 c. tiga
    b. empat             d. lima

4. Berikut ini fauna yang termasuk tipe peralihan adalah....
    a. gajah, kasuari, panda                    c. kasuari, kuskus, musang berkatung
    b. anoa, komodo, babi, rusa             d. komodo, kuskus, burung malio

5. Selat yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatra adalah....
    a.Sunda                            c. Madura
    b.Sumenep                       d. Bangkalan

6. Angin musim barat terjadi pada bulan.....
    a.April-Oktober                               c. Oktober-April
    b. September-Maret                        d. Maret-September

7. Jenis angin dibawah ini bertiup pada waktu malam hari adalah angin....
    a. darat dan laut                         c. darat dan gunung
    b. laut dan lembah                      d. laut dan gunung

8. Adanya pembagian waktu di Indonesia yang berbeda-beda karena faktor....
     a. letak geografis              c. letak astronomis
     b. geologis                        d. iklim dan cuaca

9. Kota yang termasuk wilayah waktu WIB adalah....
    a. Bali, Pontianak, Banjarmasin              c. Riau, Pekanbaru, Jakarta
    b. Mamuju, maumere, Kupang              d. Jakarta, Surabaya, Bali

10. Pegunungan Bukit Barisan terdapat di Pulau...
    a. Jawa                              c. Sulawesi
    b.Kalimantan                     d. Sumatra


Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

1. Danau yang tengah-tengahnya terdapat sebuah pulau adalah danau....
2. Gunung tertinggi di Indonesia adalah gunung....
3. Pegunungan fenema terdapat di Pulau....
4. Angin yang bertiup dari laut ke darat adalah angin...
5. Pelabuhan laut di kota Surabaya dinamakan....
6. Bandar udara yang terkenal di Jakarta adalah ....
7. Waduk Jati luhur membendung aliran sungai....
8. Angin yang bersifat kering dan panas disebut angin....
9. Selat Sunda menghubungkan pulau....dan....
10. Kota hujan di Indonesia adalah kota.....

Kunci Jawaban Bagian A

1. a
2. c
3. c
4. b
5. a
6. b
7. c
8. c
9. c
10. d

Kunci Jawaban Bagian B

1. Danau Toba
2. Puncak Jaya
3. Sulawesi
4. Angin Laut
5. Tanjung Perak
6. Soekarno-Hatta
7. Citanduy
8. Musim Timur
9. Jawa dan sumatra
10. Bogor



Related Post:

Edukasi s d soal-soal ebook Jurnal m i Pengetahuan s m p s m a m t s aliyah makalah harmony family emosi psikologi SOAL UTS SEMESTER 2 pernak pernik skripsi soal-soal uts sd thesis tips nature download soal un Teknologi bocoran soal UN kurikulum soal uts sd semester genap Islam kumpulan soal un wanita bisnis on-line fakultas island kerja di internet kerja sampingan kumpulan soal uts sd semester genap prediksi soal umptn Gaya Hidup gaji dollar prediksi soal un review dapat dollar Kumpulan SOAL kumpulan soal uts prediksi soal un 2009 Berita Info Sertifikasi Guru download soal un Gadget News cerita lucu contoh dunia anak naskah Soal Un 2012 pendidikan puisi soal ulangan sd ujian nasional 2012 Artikel Otomotif Beach Biologi Cek Data Dapodik Daftar Fashion Handphone Kesehatan Makalah Teknologi jpeg image kata cinta kata mutiara ramalan Animal Image Berita Internasional Gemscool Kata-kata Kata-kata Galau Kecerdasan Makalah Akuntansi Makalah Manajemen Makalah Olah Raga SNMPTN 2013 Ujian Nasional bisnis online cerpen game online kata motivasi kata romantis lagu terbaru nama perguruan tinggi naskah Soal Un 2013 pantun perguruan tinggi seksologi seleksi perguruan tinggi sms soal ipa kelas 5 sd Atletik Cek NUPTK Indonesia Kalender 2013 Komunikasi Laboratorium Makalah Antropologi Makalah Filsafat Makalah Lingkungan Makalah Pendidikan Matematika Penyebab Asam Urat RSBI/BSI Rumus Matematika SMA Sinopsis Walpaper android bayi cara facebook film harga kata bijak kesuburan wanita khasiat daun sirsak kumpulan soal ulangan kumpulan soal un. Tags: Arsip Soal UN kumpulan soal uts smp lucu manfaat daun sirsak otak prediksi SOAL UN SMP 2013 prediksi soal un 2012 sea seleksi soal snmptn situs terkenal soal UN SMP 2013 soal tik smp soal-soal ips kelas 5 soal-soal latihan software tips menarik ucapan ujian nasional 2013 4shared ATM Air kelapa bikin suara jadi merdu Akuntansi Artikel Sains Bahasa Daerah Bahasa Indonesia Bahasa Pemograman Baju Batik Bank Biografi Galileo Bocoran Soal Ujian Nasional 2013 Boy Band Buah kelapa membuat wajah jadi segar Buku Can We Get Married Cara Diet Alami Dengan Makan Buah dan Sayuran Cara Menguruskan Badan Dengan Cepat Cara Sembuhkan Stroke Cara diet alami dan sehat Cepat Hamil Childless Comfort Data NUPTK Download Soal Drama Korea Entertaiment Etika Fikih Filsafat Hermeneutika Filsafat Ilmu Full House Take 2 Gejala Asam Urat Gig image HKI Habibie Ainun Hak Kekayaan Intelektual Hardware Healthy Illegal Logging Ilmu Antropologi Ilmuwan Informasi Jadwal Un 2013 Kacamata Karier Karya Tulis Ilmiah Kebaya Kebudayaan Keuangan Key Aktivator Khasiat Buah Alpukat Untuk Obat Penyakit Khasiat Dan Manfaat Buah Alpukat Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Obat Penyakit Kredit Macet Lari Marathon Lompat Jauh Lupa Makalah Agama Makalah Ekonomi Makalah Hukum Makalah Kesehatan Makalah Seni Makalah Sosiologi Makanan untuk Atasi Nyeri Haid Manajemen Pendidikan Manfaat Buah Alpukat Untuk Obat Mengatasi sakit saat menstruas Merawat Buku Missing You - I Miss You Motivasi Musik Nilai Norma Obat Obat Asam Urat Obat Bisul Tradisional Obat Bisul alami. Obat Bisul herbal Obat Bisul mantab Obat Mata Minus Yang Cespleng Obat Mata Minus alami Obat Mata Minus herbal Obat Mata Minus tradisional Obat Tradisional Asam Urat Obat cacingan Obat cacingan untuk anak Obat cacingan alami Obat cacingan herbal Obat cacingan tradisional Obat cacingan tradisional untuk bayi Obat cacingan tradisional untuk bayi dan anak Obat kutu air Obat kutu air alami Obat kutu air tradisional PKn Pantangan Asam Urat Pasang iklan Pasar Pasar Persaingan Sempurna Pemanasan Global Pensil 2B Asli Penyebab Datang Bulan Sering Terlamba Perkembangan Teknologi Persaingan Proses RPP Raket Ramuan kanker dengan daun sirsak Rumah dijual Rumus Fisika SMA Terbaik Sajadah Sakit pada saat kencing Samsung Sastra School 2013 Senyam-senyum Silabus SD Silabus SMA Sistem Pemerintahan Soal Fisika Soal STAN Soal UASBN SD 2013 Soal UN 2013 Sosial Standar Akuntansi Teknologi Informatika Tentang Hidup Teori Akuntansi Teropong Bintang Three Tips cara menambah berat badan secara alami Tunjangan Fungsional Guru UN SMA 2013 Ushul Fikih Video aplikasi arsip soal UN SMP artis bayaran dollar belajar bahasa inggris bisnis internet bisnis online mencari dollar blackberry bocoran Soal UN SMP 2013 buah kelapa daun jati cina daun sirsak 3 daun sirsak 4 daun sirsak 5 daya ingat email game gunanya Air kelapa hamil idm internet jadwal jerawat jpeg jurusan kata gombal kata indah kata lucu khasiat Air kelapa khasiat air rebusan daun sirsak. khasiat buah kelapa khasiat wortel kisi-kisi UN 2013 kulaih kuliah manfaat manfaat Air kelapa manfaat air rebusan daun sirsak. manfaat buah kelapa manfaat wortel menurunkan berat badan menurunkan berat badan alami menurunkan berat badan tradisional obat Nyeri Haid alami obat Nyeri Haid tradisional obat anyang-anyang obat kanker alami obat kanker herbal obat kanker tradisional obat sakit gigi obat sakit gigi cespleng obat sakit gigi tradisional obat stroke pekerjaan pengumuman pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2012 penyebab sakit akibat mens perawatan wajah perguruan tinggi negeri prediksi soal un 2013 sakit gigi sakit saat buang air sepak bola sepeda motor soal SNMPTN soal bahasa inggri UN soal bahasa inggris 2012 soal bahasa inggris 2013 soal olimpiade soal olimpiade matematika soal pkn kelas 3 sd soal pkn kelas 5 soal snmptn 2012 soal snmptn 2013 soal tik sd kelas 5 soal umptn soal uts sd pkn semester genap soal-soal uts smp sulit belajar surat lamaran kerja ternak tips dan trik tutotial tv online ujian masuk ujian nasional 2009 universitas negeri usaha water fall